jika CAR bangkrut Sy mau bertanya sy prosfek org dan dia tanya seandainya CAR bangkrut kemana mau dituntut uang yg sudah di tabung dan investasikan itu

jika CAR bangkrut….
Sy mau bertanya, sy prosfek org dan dia tanya” seandainya CAR bangkrut, kemana mau dituntut uang yg sudah di tabung dan investasikan itu?
Mohon solusinya…?
Saya ingin tegaskan ke semua Leder. Kita bukan takabur. Secara sistem PT AJ CAR tdk mungkin bangkrut.
Karena uang yg kita tabung sebagai investasi lalu bukan di tarok di cash kantor. Tetapi lgsg dinvestasikan di berbagai perusahaan bonafide di Indonesia dan juga obligasi Bank Indonesia.
Kapan pun nasabah ingin ambil tarik uangnya, CAR tinggal jual fortofolio penyertaan investasi kita.
Penyertaan investasi dilakukan sekali gus dan nilai investasi kita akan di beri nilai Dgn istilah Nilai Aktifa Bersih. Yg mungkin terjadi adalah nilai aktiva menurun. Misalnya tahun lalu 2500 sekarang jadi 2400. Nah bagi mereka yg ahli keuangan dan melek finansial pasti akan simpan uang2 sebanyak2nya. Karena prinsip investasi adalah beli saat harga rendah dan tarik dana bbrp tahun ke depan saat harga tinggi.
Jadi rekan2 jangan berfikir kita menabung seperti di Bank yg bisa bangkrut. Karena sifat Bank adalah simpan pinjam. Dia pinjam dana sama dalam bentuk tabungan nasabah kita dan kita diberi bunga. Kemudian Bank pinjamkan dana ke pihak lain dengan bunga yg lebih tinggi. Nah saat ada nasbah kakap yg nunggak trilyunan maka Bank tsb. Bisa bangkrut. Dan pemerintah melalui LPS hanya bisa jamin maksimal 2 M dengan prosedur berbelit2 dan lama.
Bagaimana dg CAR. Sy beri ilustrasi jika, seandainya ada 1.000 nasabah mau tarik dana. Dan kebetulan masing2 punya dana 1 TRULYUN… Apakah CAR mampu bayar………??????
Jika nasabah 1.000 org. Dan masing2 tarik dana 1 Trilyun. Maka total yg mau ditarik 1.000 Trilyun…
Tidak terlalu repot. Karena uangnya bukan di laci kantor CAR maka dgn tenang perusahaan tinggal jual saham2 yg ada di lantai bursa saham dan uangkan obligasi pemerintah. Kelar. Tinggal bayarkan ke 1.000 nasabah. Lalu CAR bangkrut dan rugi??
Tetap tidak. Uangnya bukan uang CAR dan dan bukan jg di kantor CAR tetapi ada di pasar sahan dan obligasi.
CAR sudh berjalan dari thn 1975. Sebagian leader di group ini ada yg belum lahir, perusahaan ini sdh eksis. Jika terjadi sesuatu yg terburuk pun, Masih ada 5 sd 6 lembaga keuangan kelas dunia yang menjamin dana CAR. Yg disebut Reassurance. Jadi tenanglah bpk ibu sekalian. Kalau cuma ambil duit 1 Milyar atau 5 Milyar CAR merem aja. Dan jangan lupa. CaR adalah milik Salim Grup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *